Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsiakn karakteristik multimedia pembelajaran berbasis android materi Interaksi dalam Ekosistem sebagai multimedia pembelajaran kelas X SMA, (2) mendeskripsikan kelayakan multimedia pembelajaran biologi berbasis android materi Interaksi dalam Ekosistem untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar kognitif siswa, (3) mengetahui hasil peningkatan kemandirian belajar selama proses pembelajaran biologi dengan menggunakan multimedia berbasis android materi interaksi dalam ekosistem, (4) mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif selama proses pembelajaran biologi dengan menggunakan multimedia berbasis android materi interaksi dalam ekosistem. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada langkah-langkah model prosedural yang diadaptasi dari Model Borg & Gall yang meliputi studi pendahuluan, desain produk, produksi dan validasi, uji coba dan revisi produk, dan produk akhir. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli, seorang guru biologi, dan tiga orang teman sejawat. Uji coba produk dilakukan pada siswa kelas X SMA N 6 Yogyakarta. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas X3 melibatkan 28 siswa dan uji coba lapangan dilaksanakan di kelas X4 yang melibatkan 32 siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Multimedia pembelajaran berbasis android materi Interaksi dalam Ekosistem merupakan multimedia pembelajaran dalam bentuk software audiovisual dengan penguatan materi dan prinsip self evaluation yang dapat digunakan secara klasikal atau individu, serta digunakan secara offline. (2) Multimedia pembelajaran biologi berbasis android materi interaksi dalam ekosistem layak digunakan dengan berkriteria “amat baik” menurut ahli materi, ahli media, guru, dan teman sejawat, serta berkriteria “baik” menurut siswa. (3) Multimedia pembelajaran biologi berbasis android materi interaksi dalam ekosistem dapat meningkatkan kemandirian belajar, dengan gain score 0,32 dalam kriteria “sedang”. (4) Multimedia pembelajaran biologi berbasis android materi interaksi dalam ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dengan gain score 0,48 dalam kriteria “sedang”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *