Layanan Mahasiswa

No. Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1) (2) (3)
1 Bimbingan dan konseling   Bentuk Kegiatan: Layanan Konsultasi mahasiswa bermasalah dalam dalam bidang non akademik (masalah pribadi, keluarga) dan masalah akademik yang dilakukan secara kolektif; Layanan masalah akademik ini dapat berupa: Bimbingan dalam pengisian KRS dan KHS pada setiap awal semester sehingga mahasiswa dapat memprogramkan mata kuliah sesuai dengan alur studiBimbingan dan konseling sebelum dan selama mahasiswa melakukan kegiatan akademik selain kuliah misalkan: magang dan penelitian Pembimbingan dan konseling pada saat penulisan skripsi, yang hasilnya mahasiswa dapat menyusun skripsi secara benar dan tepat waktu dengan jumlah bimbingan minimum 8 kaliMemberikan arahan persiapan mengikuti PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) melalui HMPPelaksanaan : Dilaksanakan oleh dosen PA untuk mahasiswa yang bermasalah. . Layanan ini dilakukan rutin setiap semester sekurang-kurangnya 4 x pertemuan per semester tatap muka intensif selama 30 menit-1 jam perorang atau beberapa orang secara bersama-sama selama 1-2 jam. Hasilnya:  Layanan Konsultasi ini mampu mendapatkan solusi serta dapat meningkatkan prestasi akademiknya
2 Minat dan bakat (UKM) Bentuk Kegiatan: UKM Olah raga, Musik Tradisional (Dala Gete) dan Teater Dala Pelaksanaan: Kegiatan ini dilakukan secara umum dalam lingkup institusi  di bawah bimbingan dosen. Hasil: Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam olah raga, seni musik, tari, peran dll. Bentuk Kegiatan: MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam) Pelaksanaan : Kegiatan ini Kegiatan ini dilakukan secara umum dalam lingkup institusi  di bawah bimbingan dosen. Bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi diwajibkan semua mengikuti UKM ini. Hasil: peningkatan pengembangan potensi diri mahasiswa bersama alam dan lingkungan, meningkatkan kesadaran mahasiswa dalam kegiatan konservasi lingkungan Bentuk Kegiatan : UKM Pramuka; Pelaksanaan : Dilaksanakan dalam lingkup institusi Hasil: pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir Bentuk Kegiatan : Organisasi Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pelaksanaan : Dilaksanakan terkait dengan pengembangan kompetensi mhasiswa, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Kegiatan akademik antara lain kegiatan bina akrab, studi alam dan PKM. Kegiatan non akademiknya berupa pelatihan kepemimpinan. Hasil : Organisasi HMP yang berfokus pada kegiatan yang menunjang keorganisasian dan akademik di Program Studi Pendidikan Biologi UKM Mahasiswa Katolik : Kegiatan Rekoleksi, Menyanyi di gereja-gerejaMenyalurkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang kepemimpinan dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan intra kampus seperti Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), BEM IKIPMu dan BEM F-MIPA
3 Pembinaan  soft skills Kegiatan OKK dan Pekan Taaruf Mahasiswa (Mataf) : Kegiatan perkenalan kampus, antar mahasiswa dan menjadi ajang pemetaan kemampuan dan potensi mahasiswa baik akademik dan non akademikDarul Arqam Dasar (DAD): Kegiatan pengkaderan IMM tingkat FakultasLatihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD)
4 Beasiswa   Setiap tahunnya diupayakan untuk mahasiswa mendapatkan atau memperoleh Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA), Beasiswa Bidik Misi dan Beasiswa Kader Persyarikatan Muhammadiyah.
5 Kemanusiaan dan Lingkungan Mengadakan kegiatan Donor Darah bekerjasama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Sikka. Mengadakan pembersihan di beberappa area wilayah Sikka seperti pasar Alok, Monumen Tsunami, serta penanaman Pohon Jati dan Sengon di area perkantoran Bupati Sikka.
6 Lainnya, sebutkan. Layanan akademik secara online dapat diakses dari berbagai tempat. Dengan fasilitas hotspot yang disediakan memudahkan mahasiswa mengakses seluruh fasilitas yang disediakan sehingga membantu mahasiswa dalam mencari referensi sebagai bahan tambahan sumber belajar serta memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas kuliah.