Fasilitas

Tersedianya prasarana institut terdiri dari gedung perkuliahan, laboratorium IPA, Laboratorium Komputer, perpustakaan, ruang microteaching dan prasarana lain yang mendukung proses belajar-mengajar, berupa lembaga penelitian, lembaga pengabdian kepada masyarakat, serta lembaga pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), masjid dan lapangan olahraga. Selain itu IKIP Muhammadiyah Maumere juga menyediakan fasilitas internet tanpa kabel/wifi (Hot Spot area) di beberapa tempat terbuka yang bisa digunakan dosen dan mahasiswa secara gratis.

Penggunaan gedung perkantoran dan ruang kuliah diatur sepenuhnya oleh IKIP Muhamadiyah Maumere melalui Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK) dan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK). Program studi diberikan kewenangan sepenuhnya untuk mengatur jadwal perkuliahan. Jumlah ruang kelas telah disesuaikan dengan jumlah mahasiswa dan distribusi jam pertemuan seluruh mata Penempatan penggunaan ruang kuliah diatur oleh BAAK secara manual.

Program Studi Biologi IKIP Muhammadiyah Maumere memiliki 1 laboratorium IPA dan microteaching yang juga digunakan oleh prodi lainnya. Kapasitas pelayanan untuk praktikum sama dengan ruang kelas yaitu dapat digunakan oleh ± 35 mahasiswa dengan ukuran ruang 6 x 8 m2. Peralatan laboratorium dinilai cukup, namun masih perlu dilakukan penambahan khususnya untuk gedung Laboratorium Biologi sendiri dan sarana prasarana dalam labrotarium tersebut.

Sarana perkuliahan mencakup peralatan yang dapat mendukung proses pembelajaran seperti meja, kursi, kipas angin, LCD, white board, spidol, penghapus dan laptop. Laptop disediakan sendiri oleh dosen pengampu mata kuliah.

Upaya lainnya dilakukan dengan menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai tersedianya sarana ruang kelas yang bersih dan nyaman yang dilengkapi dengan witheboard, LCD, ruang kelas yang cukup luas, kursi yang ditata baik, pencahayaan dan sirkulasi udara dalam kelas sangat baik. Membangun interaksi antara dosen dan mahasiswa yang baik. Sikap dosen terhadap mahasiswa pada saat proses pembelajaran di dalam kelas  tegas, dan objektif, namun relatif lebih lugas dan fleksibel jika proses pembelajaran dalam kelas telah selesai. Sedangkan di luar kelas, aktivitas mahasiswa juga berlangsung dengan baik karena suasana kampus yang aman dan nyaman, taman dan tempat duduk yang ditata baik sangat menunjang bagi mahasiswa untuk menjalankan aktifitasnya. Sarana penunjang yang cukup tersedia seperti perpustakaan, laboratorium komputer, dan aula untuk berbagai pertemuan ilmiah memungkinkan bagi mahasiswa untuk melakukan berbagai aktifitas akademik, bagi peningkatan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Bagi mahasiswa yang melaksanakan kegiatan akademik dan organisasi kemahasiswaan mereka selalu mendapatkan  bantuan secara moril dan dana yang bersumber, baik dari IKIP Muhamadiyah Maumere maupun dari Program Studi.